Berbagai Strategi untuk Memulihkan Kondisi Politik Ekonomi dan Bisnis di Indonesa Saat Pandemi

0

Masa pandemi Covid-19 yang masih terus berlanjut di Indonesia ternyata tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan masyarakat saja. Melainkan juga menimbulkan berbagai masalah dalam hal politik, ekonomi, dan bisnis. Pasalnya, berbagai kebijakan telah difokuskan untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan penyebab wabah Covid-19 seperti gerakan di rumah saja, pembatasan sosial, dan sebagainya. Kondisi inilah yang membuat berbagai aktifitas di bidang politik, ekonomi, dan bisnis harus terhenti hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Bahkan, imbas dari penerapan kebijakan tersebut membuat pertumbuhan pada masing-masing bidang cenderung mengalami penurunan yang signifikan. Namun, seiring dengan ditemukannya vaksin Covid-19 maka pemerintah telah mempersiapkan strategi untuk memulihkan bahkan meningkatkan kondisi politik, ekonomi, dan bisnis di Indonesia. Penasaran dengan apa saja strateginya ?. Simaklah jawabannya melalui ulasan menarik berikut ini.

Strategi yang diambil oleh pemerintah Indonesia dalam memulihkan kondisi politik di masa pandemik ini dimulai dengan mengeluarkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) No. 1 Tahun 2020. Ya, Perpu tersebut memuat tentang kebijakan keuanganegara dan stabilitas sistem keuangan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut diambil sebagai dasar bagi otoritas perbankan maupun keuangan dalam pengambilan keputusan luar biasa untuk menjamin kesehatan umum. Guna menjamin kesehatan masyarakat umum maka pemerintah juga mengambil kebijakan dengan menaikkan iuran bulanan BPJS Kesehatan agar tidak semakin defisit. Strategi pemulihan kondisi politik juga dilakukan dengan tetap melaksanakan pemilihan kepala daerah atau pilkada tahun 2020. Tentu saja pelaksanaan pilkada 2020 dilakukan dengan tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, berlangsungnya pilkada dianggap sebagai sarana agar masyarakat tetap bisa mengenali dan memilih calon pemimpin di daerahnya masing-masing.

Berbagai kebijakan mengenai pembatasan sosial ternyata berdampak besar bagi perkembangan ekonomi dan bisnis nasional. Pasalnya, tak sedikit badan usaha mikro maupun makro yang harus melakukan penutupan sementara atau bahkan gulung tikar akibat pandemi. Bahkan, kondisi ekonomi dan bisnis di Indonesia sempat mengalami kontraksi dengan penurunan yang mencapai -3%. Terdapat setidaknya 3 strategi utama yang dilakukan untuk memulihkan kembali kondisi ekonomi dan bisnis dalam negeri yaitu meningkatkan pola konsumsi produk dari dalam negeri, meningkatkan berbagai aktivitas di dunia usaha, dan menjaga stabilitas ekonomi nasional. Penerapan startegi peningkatan pola konsumsi produk dalam negeri dilakukan dengan berbagai cara seperti penyaluran bantuan langsung tunai (BLT), Kartu Pra Kerja (KPK), pembebasan biaya listrik, pembiasan biaya pajak, dan sebagainya. Berbagai bantuan diharapkan mampu mengarahkan masyarakat pada pola konsumsi produk dalam negeri agar menghasilkan efek ganda bagi kelangsungan ekonomi dalam negeri. Pemerintah juga memperketat undang-undang dan saksi kepada tindak judi online yang masih berjalan pada masa pandemik ini agar untuk mempercepat pemulihan ekonomi di tanah air.

Strategi peningkatan berbagai aktifitas di dunia usaha dilakukan dengan penyaluran berbagai stimulus kepada berbagai unit usaha seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta unit korporasi. Berbagai kebijakan juga telah diturunkan untuk meningkatkan dunia usaha seperti penundaan pembayaran angsuran kredit, kredit usaha rakyat (KUR), pemberian pinjaman modal, dan berbagai penanggungan pajak oleh pemerintah. Pemerintah juga akan menyalurkan bantuan kepada korporasi strategis dalam bentuk pinjaman modal kerja. Sedangkan kebijakan untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional dilakukan melalui jalinan kerjasama dengan Bank Indonesia. Melalui jalinan kerjasama tersebut maka Bank Indonesia akan berkomitmen untuk selalu menjaga stabulitas nilai tukar mata uang rupiah, menurunkan suku bunga, membeli berbagai surat berharga negara, dan menjamin sistem keuangan nasional.

Sharing is caring!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved
Proudly powered by WordPress | Theme: Shree Clean by Canyon Themes.