IMF-WB Annual Meetings 2017 Memberi Dampak Positif Bagi Pertumbuhan Ekonomi Global

IMF-WB Annual Meetings 2017

Setiap musim gugur, Dewan Gubernur Kelompok Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) mengadakan Rapat Tahunan untuk membahas berbagai isu terkait pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi dan keuangan internasional. Pertemuan Tahunan ini merupakan forum kerjasama internasional dan memungkinkan Bank dan IMF untuk lebih melayani negara anggotanya. Pertemuan Tahunan secara tradisional diadakan di Washington dan untuk mencerminkan karakter internasional kedua institusi tersebut, setiap tahun ketiga di negara anggota yang berbeda. Selain rapat Dewan Gubernur, International Monetary and Financial Committee (IMFC) secara resmi diadakan.

Komite Pembangunan dan IMFC menyarankan Dewan Gubernur mengenai isu-isu yang menjadi perhatian global, termasuk prospek ekonomi dunia, pemberantasan kemiskinan, pembangunan ekonomi, dan efektivitas bantuan. Di seputar pertemuan ini, Bank dan IMF mengatur sejumlah forum untuk memfasilitasi interaksi antara pemerintah dan staf Bank Dunia-IMF dengan organisasi masyarakat sipil, wartawan, eksekutif sektor swasta, akademisi dan perwakilan organisasi internasional lainnya. Memang, setiap usaha dilakukan untuk memastikan bahwa Rapat Tahunan memberikan forum yang efektif untuk menjelaskan kepada publik – secara langsung dan melalui media – kegiatan, tantangan dan pencapaian kedua institusi tersebut.

Pertemuan tersebut juga bertujuan untuk membuka pertemuan kepada publik melalui siaran langsung dan percakapan online di World Bank Live, Twitter, dan platform lainnya. Sekitar 10.000 orang menghadiri pertemuan tersebut, termasuk sekitar 3.500 anggota delegasi dari negara-negara anggota Bank dan IMF, sekitar 1.000 perwakilan media, dan lebih dari 5.000 pengunjung dan tamu istimewa yang ditarik terutama dari bisnis swasta, komunitas perbankan dan LSM . Selain itu, staf Bank dan IMF berpartisipasi dalam pertemuan dengan pejabat delegasi pemerintah. Pada setiap Pertemuan Musim Semi dan Tahunan, Komite Pengembangan Bank-IMF bersama dan Komite Moneter dan Keuangan Internasional IMF mengadakan pertemuan untuk membahas kemajuan kerja Bank dan IMF. Juga ditampilkan adalah seminar, briefing regional dan konferensi pers, yang berfokus pada ekonomi global, pembangunan internasional, dan pasar keuangan dunia.

Sidang pleno Bank Dunia dan Dewan Gubernur IMF hanya dijadwalkan dalam Rapat Tahunan di musim gugur. Pada pertemuan tahunan yang diadakan tanggal 13-15 Oktober 2017 yang diadakan di Washington, dihadiri oleh semua para Gubernur Bank Sentral dan para menteri keuangan seluruh dunia. Hasil dari pertemuan yang diadakan membawa berita bagus bagi dunia ekonomi dunia, hasilnya dapat dilihat dari berkembangnya pertumbuhan ekonomi global. Bisa dilihat dalam hitungan persen pada tahun 2017 sebesar 3,6% sedangkan di tahun 2018 berkembang menjadi 3,7%. Perkembangan yang ditunjukan membawa semangat baru untuk ekonomi dunia ditahun 2018. Dengan berkembangnya ekonomi global menunjukan perkembangan ekonomi di seluruh dunia secara merata. Dengan begitu menunjukan adanya pemulihan atau perbaikan dalam segi ekonomi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia dimana banyak masyarakatnya yang doyan.

Bank Indonesia menyambut dengan sangat baik, mengingat perkembangan ekonomi di Indonesia semakin berkembang menjadi lebih baik. Perwakilan dari Indonesia dalam MF-WB Annual Meetings tersebut dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Namun terjadi kesepakatan bersama untuk tetap menjaga perkembangan perekonomian global dengan tetap menjaga perkembangan struktural ekonomi yang sedang berjalan sampai saat ini. Window of Opportunity dijadikan sebagai peluang untuk saat ini demi menjaga kestabilan yang ada dan untuk menambah perkembangan ekonomi dunia. Dalam tahun 2018, Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah dalam pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF). Pertemuan tahunan tersebut akan diadakan di pulau dewata. Demikianlah ulasan tentang International Monetary Fund (IMF) dan dampak positifnya dalam perkembangan ekonomi global.—

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *