Event Global yang Targetkan Peningkatan Ekonomi

0
global ekonomi

Berbicara mengenai ekonomi global, membuat pikiran mengarah pada persoalan kompleks yang diakibatkan oleh pandemi. Pada dasarnya, permasalahan ekonomi tidak hanya menyerang Indonesia. Melainkan terjadi dihampir 100 negara di dunia. Saking parahnya dampak yang terjadi, Amerika Serikat sempat melakukan beberapa kebijakan yang menghimpit negara-negara maju dan berkembang. Konsekuensi dari hal tersebut tentu saja bertahan dari kesulitan tersebut. Belum lama ini, Menteri Keuangan RI menjelaskan bahwa pandemi corona yang sedang terjadi mengancam perekonomian dunia secara serentak. Kondisi minus terjadi diberbagai negara, sehingga ada baiknya pengeluaran pemerintah dan konteks lainnya dapat diambil dengan bijak.

Kegiatan ekspor dan impor juga mengalami kendala yang membuat kondisi semakin menyulitkan, namun tidak ada pilihan lain untuk tetap mengambil langkah yang dinilai harus dilakukan. Misalnya saja, melanjutkan beberapa kerjasama yang memang dinilai akan meningkatkan perekonomian nasional. Contoh, Korea Selatan mengiring berbagai event global kearah online. Mulai dari konser sampai dengan kegiatan lain yang memang memberi keuntungan tinggi. Nah, sejak awal merebaknya pandemi dihampir semua negara, banyak elemen pemerintah telah melakukan tindakan akurat. Dimana langkah tersebut diambil untuk menyelamatkan beberapa sektor, terutama masalah kesehatan warga negara yang mesti tetap terjaga. Selain itu, event lain juga dilakukan secara online. Misalnya, kegiatan otomotif global yang memang menjadi kegiatan tahunan yang selalu sukses menarik wisatawan dari berbagai negara. Selain itu, event tersebut kerap menarik insvestor asing. Nah, untuk lebih detailnya berikut beberapa langkah yang diambil dalam menangani perekonomian global:

  1. Aktif dalam organisasi dunia
    Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menangani masalah ekonomi adalah melakukan kerjasama dan aktif dalam berbagai organisasi dunia. Kegiatan seperti ini mau tidak mau, menunjang negara lain mengetahui kondisi dari negara tersebut. Dari sini, satu negara dapat melakukan kerjasama yang memang menguntungkan kedua belah pihak. Selain itu, cara ini menjadi bagian yang paling efektif untuk negara lain melakukan ekspor. Pada intinya, kegiatan ekspor menjadi sangat penting karena keuntungan yang ditawarkan terbilang banyak. Anda tentu sudah paham, mengenai konsep bisnis global yang memang memberikan pilihan profit dalam jumlah besar.
  2. Memajukan sektor pariwisata
    Berbicara mengenai ekonomi dunia sekarang, hampir semua negara melakukan berbagai langkah untuk mencapai kesejahterannya masing-masing. Dari sektor yang tersedia, pariwisata menjadi salah satu bidang yang sangat dimaksimalkan oleh berbagai negara. Misalnya saja, Korea Selatan yang sangat lihai menawarkan kecantikan negaranya melalui kreasi kreatif. Seperti drakor, Kpop, dan budaya lokal yang berhasil menarik pelancang dari negara-negara lain. Indonesia tentu saja mempunyai porsi yang sama, apalagi Tanah Air telah melakukan berbaikan insfratruktur untuk menunjang kemudahan sektor tersebut berkembang dengan cepat. Belum lama ini, Bali mendapat sorotan karena pemerintahan pusat melakukan beberapa perbaikan fasilitas umum. Hal tersebut tentu saja didukung, sebab seperti yang diketahui Pulau Dewasa masuk sebagai salah satu harta Indonesia yang banyak dikenal oleh masyarakat dunia.
  3. Proyek pemerataan insfratruktut
    Langkah lain yang aman untuk menunjang ekonomi global adalah melakukan pemerataan insfratruktur. Kenyamanan akomodasi serta transportasi menjadi aspek yang menunjang wisatawan manca negara tertarik untuk berdatangan. Cara ini dianggap lebih efektif sebagai pendukung negara dalam memajukan sektor pariwisata. Saking menariknya, langkah itu sering digunakan oleh Jepang untuk terus memperbaiki fasilitas umum.

Sharing is caring!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved
Proudly powered by WordPress | Theme: Shree Clean by Canyon Themes.